Skincare Routines.

Sunday, November 22, 2015

Holaaa!

Sebelumnya saya harus bilang bahwa semoga yang baca ga berharap banyak dari postingan ini. Karena saya mungkin ga akan se-details beauty blogger yang sudah berpengalaman dan sudah banyak mencoba ragam brand skincare yang beredar mulai dari drugstore sampai high brand.
Atau yang paham detail kandungan satu skincare dan apa saja fungsi dari satu skincare yang sedang digunakan.
Semua yang saya share ini berdasarkan pengalaman pribadi, hasil tanya-tanya dari group LINE yang berisi kakak-kakak hijabers yang sudah lebih berpengalaman di dunia per-skincare-an. Jadi, sedikit ilmu yang akan saya bagi ya, siapa tau ada yang masalah kulitnya sama di sini.

Tapi sekali lagi, apa yang kita pakai belum tentu cocok di orang lain, dan apa yang orang lain pakai belum tentu cocok di kulit kita sendiri. semua betul-betul harus dicoba sendiri.
Nah..
Saya pribadi, masalahnya adalah dark spot dan acne scars yang sulit sekali hilang. Pernah saya share di Twitter bahwa jerawat saya itu sempat meradang parah, sampai ada yang semacam ada 'isi'-nya warnanya sampe ijo. Jijik deh lihatnya. Saya sampe pernah malu keluar kamar waktu lagi kumpul keluarga. Itu sebelum saya akhirnya berobat ke Dr. Irma di RSCM Kencana. Ini saya tau infonya dari Fala yang kebetulan konsul ke sana juga.
Tapi baru dua bulan saya berobat dan belum ada hasil yang signifikan karena sepertinya masalah saya ini treatmentnya memang agak lama, saya keburu hamil dan harus stop perawatan di sana.
*pertama memang ga disarankan untuk ibu hamil
*kedua karena uangnya sayang boook! bisa buat USG tiap bulan xD

Tapi kebetulan saya waktu hamil memang seperti perbaikan hormon, berhubung semua jerawat itu hormonal yang saya alamin, selama hamil pelan-pelan semua jerawat hilang padahal saya ga treatment apapun. Saya cuma pake facial wash Sebamed yang masih saya pake sampe sekarang.
Tapi setelah melahirkan, baru kelihatan bahwa bekas-bekas jerawatnya masih ada dan ga pudar-pudar.
Iyalah orang ga diapa-apain buat ilangin :))
Karena dipikiran saya, ah bisa ketutup make up. Atau ah bisa pake filter foto editor.
Tapi, setelah baca kalimat "muka itu dirawat, bukan diedit" saya ngerasa ditampar! HAHAHA. serius. Saya pikirin dalem-dalem banget quote itu.
Sampe akhirnya pelan-pelan saya balik rajin maskeran.
Oiya, dari sekian banyak perawatan muka saya dari dulu emang suka banget maskeran dari yang tradisional kayak putih telur sampe glam glow, saya cobain.
Dan akhirnya, sampelah saya di invite group skin care itu oleh kakak saya yang memang kenal semua membernya yang kebanyakan dari Hijabbers Community.
Akhirnya pelan-pelan saya nyicil beli apa-apa yang disebutkan dan saya sesuaikan dengan kebutuhan kulit saya. Saya capture step-stepnya biar ga lupa juga. Pokoknya niat deh #menujukinclong2016

Mau liat hasilnya gak setelah rajin kurang lebih 3 bulan?

foto diambil dari kamera depan iPhone 5 tanpa filter apapun


Jadi kalau menurut group racun skincare ini, urutan day skin routine adalah sebagai berikut :




1. Cleansing 1 & 2

Untuk cleansing pertama aku pake Bioderma Sensibio H2O yang botolnya pink itu, cleansing 2 aku lanjut pake facial washnya Sebamed karena memang udah ngerasa paling cocok untuk kulit sensitif kaya aku.
Eh kadang saya selingin juga sih pake mild peeling-nya Hada labo.

2. Toner

Karena kulit aku bermasalah, di toner ini aku pake yang exfoliating toner. Aku pake Paula's Choice Skin Perfecting 2% BHA Liquid. Tapi ini ga boleh dipake setiap hari katanya, jadi aku pake 2-3 hari dalam seminggu abis itu biasanya langsung skip ke hydrating toner.

3. Pre-Serum

Nah ini katanya biar serum yang kita pake kerjanya lebih maksimal. Aku pake Estee Lauder Micro Essence, alhamdulillah cocok. Baru pake yang sample size sih, udah 3 bulan juga ga abis-abis nih.

4. Hydrating Toner

Nah ini aku pake Avene Thermal Spring Water. Kadang kalo muka udah ga seger juga aku semprotin lagi biar lebih lembap.

5. Serum

Aku pake ANR-nya Estee Lauder, tapi belakangan lagi ganti ke WPSS-nya SK-II... tapi entah ga cocok atau karena dipakenya barengan sama lagi menstruasi, jadi ada 4 jerawat muncul huhuhu semoga karena hormonal aja ya bukan karena ga cocok.

6. Moisturizer

lagi lagi aku pake sebamed. Belum berani coba ke yang lain karena pernah pake The Body Shop yang vitamin C warna orange itu jerawat muncul berbulan-bulan, pas berenti pake eh ga nongol lagi jerawatnya. Mungkin memang ga cocok.

7. Sunscreen SPF30/SPF50

Nah ini dia, katanya percuma semua skincare dipake kalo ga pake sunscreen. Kulitnya bakal tetep rusak. Berdasarkan masukan dan review dari group, yang paling bagus dan digemari adalah Skin Aqua, saya kebetulan belinya waktu itu cuma ada yang SPF50 di Century.

Lalu jika perlu dari urutan di atas bisa ditambahin BB Cream/CC Cream. Aku pribadi pake Chanel, tapi itu juga kalo ada acara aja. Kalo ngga cukup sampe Sunscreen dan lanjut loose powder.

Untuk Night Skin routine sendiri urutannya sama, sampe ke serum. dari nomor 1 - 5, lalu tambahannya :

8. Ampoule

Ampoule ini semacam yang spesifik buat dark spot, whitening, acne scars gitu gitu lho.
Aku pake Murad. Karena yang buat acne scars ga keluar lagi, saya dapetnya yang blemish control itu itu juga nitip temen di KL. Tapi katanya di Indonesia, Murad ada kok. Cuma yang saya cari itu yang ga ada.

9. Facial Oil

Kalo ini saya pake Almond Beauty Oilnya Wangsa Jelita. Nah ini bisa dipake di badan dan rambut juga. Kayaknya muka saya berasa ngaruhnya setelah ditambahin ini sebelum tidur sih. Karena sempet pake roseship oilnya Spoil Organics ga ada perubahan signifikan, tapi bisa jadi karena dipakenya juga waktu itu baru sebulan hehehe.

10. Night Moisturizer

Aku belum pake ini, cuma sampe facial oil aja sih. Cuma dari group, favoritnya adalah SKII stempower.

11. Sleeping Mask/Oil

Ini juga katanya yang paling berpengaruh dan bisa langsung kerasa esokan paginya. Yang direkomendasikan adalah :

- Kiehls MRC
- Laneige Water Sleeping Mask ( ini lagi masuk dalam wish list saya pribadi hehe )
- Sunday Riley - Luna
- Glam Glow Thirstymud ( ini udah pernah coba semaleman tapi ngga tau deh di saya sih ga bergitu ngaruh)

OKAY. itu aja urutannya hahaha panjang yah? Mau kinclong aja urutannya panjang bener padahal mukanya cuma satu. Sempet nyerah mau balik ke dokter muka aja etapi yang dari dokter muka aja banyakan juga pada cape dan akhirnya nyobain skincare routine yang lebih menggiurkan karena penasaran.

Lalu hmmmm apa lagi yah?
Oiya, palingan kalo saya biasanya lebih siapin budget di masker. Karena saya emang suka banget maskeran.


Masker yang sering saya pake :

- Glam Glow (putih, hitam, orange)
Nah yang orange ini favorit banget sampe udah dua kali beli ukuran share jar-nya, tapi sekarang di Sephora udah masuk kok.

- Aesop
Ini dapet samplenya dari temen, dan enaaaak banget dipake walaupun wanginya saya kurang suka. pengen beli real size tapi susah nyarinya dan sekalinya ada ternyata harganya mihils amat ya bok! masuk wishlist dulu aja deh.

- Jafra Mud Mask
Selain affordable, si jafra ini ga kalah kece sih. Kerasa kok bersihnya abis pake ini kalo rutin seminggu dua-tiga kali.

- Activa OX2 Mask
Ini maskerannya cuma dua menit terus bilas dan hasilnya enaaak banget. Muka lembap dan kerasa bersih. Ini juga bisa buat memudarkan bekas jerawat.

Btw, kadang aku suka triple mask gitu jadi pake glam glow - bilas - pake aesop - bilas - lalu terakhir pake activa :))

Apa aja deh disempetin asal kulit kinclong!
yaudah...
itu aja deh share-nya yah?
Berhubung hasilnya juga udah cukup keliatan.
Doain saya konsisten bair kulitnya bisa sebening Andra Alodita atau Putri Caya :D

Love,
Chacha Thaib



Not allowed to copy & paste photo without permission. Copyright of chachathaib . com

You Might Also Like

9 comments

FOLLOW ME