Bicara Soal Investasi Syariah

Saturday, July 02, 2016










Haiii!

Biar gak bosen ya blog isinya foto saya semua, kali ini bakal banyak foto dari saya dan teman-teman yang belum lama ini diundang ke acaranya kakak ipar saya yang bekerja di Manulife Aset Management, acaranya sendiri bertajuk Sharia Talk bersama Reksa Dana Manulife. Saya diundang bersama dengan kakak-kakak dari Indonesian Hijab Bloggers yang jauh lebih aktif nge-blog dari saya.
I thought It would be fun dateng ke satu acara barengan dengan orang-orang yang passion-nya sama kaya kita karena tadinya aku berniat gak mau dateng; yess, takut pembahasannya boring.
But hey! Tak kenal maka tak sayang, tho?
Akhirnya dateng lah saya, dengan pikiran “yuk deh jangan join reksadananya doang tapi gak tau apa-apa di dalamnya.”
Sekalian nambah ilmu, saya akhirnya mendengarkan dengan tuntas pembahasan soal Reksadana Syariah ini yang mulai dihadirkan oleh Manulife Aset  Management. Saya sendiri memang sudah invest di reksadana itu hampir dua tahun, tapi saya tidak tau detail di dalamnya. Kayak… oh ditawarin kakak ipar sendiri nih, pasti aman lah ya. Hitung-hitung untuk tabungan jangka panjang Binar nanti.
Tapi ternyata, saya banyak melesetnya nih..
Walaupun reksadana itu punya banyak keuntungan (banget) kayak misalnya :
  • -       Bianya terjangkau, bahkan bisa 100 ribu per bulan
  • -       Potensi pasar modal di Indonesia begitu besar
  • -       Setiap portfolio reksadanyanya terdiri dari banyak aset
  • -       Caranya gampang banget karena bisa dikelola oleh para ahlinya

-       Yang paling penting buat saya sih, ini likuid; jadi bisa dicairkan kapan saja.

Di acara kemarin, kami bisa sharing langsung praktisi keuangan syariah, Bapak Gunawan Yasni,  nah apa sih bedanya yang konvensional dan yang syariah ini?
Yang pasti, untuk kategori syariah ini perusahaan yang sudah memegang prinsip syariahnya tidak membungakan uang dan tidak melakukan riba, Penting banget tuh! Udah gitu, strategi yang dipakainya dalam mengelola investasi tidak boleh mengarah kepada spekulasi apalagi perjudian. Saya, waktu denger ini langsung nanya : “ Jadi kalo tadinya saya udah berinvestasi di konvensional, sekarang sudah ada yang syariah, saya bisa pindah?”
Jawabannya adalah… yak, tentu saja!

Apalagi, sekarang dari pihak Manulife Asset Management ini mempermudah kita-kita yang ingin berinvestasi dengan menghadirkan www.klikMAMI.com . MAMI sendiri adalah singkatan dari Manulife Aset Management Indonesia, dengan menghadirkan layanan situs mereka, harapannya adalah mereka bisa mempermudah kebutuhan kita, karena klikMAMI ini bisa diakses kapan saja, kapan saja kamu butuh melakukan transaksi investasi, di klikMAMI semudah itu semua bisa selesai, gampang banget bisa sambil ngerjain deck atau bahkan waktu lagi mau nemenin anak tidur deh,  Udah gitu, setiap transaksinya menggunakan password sekali pakai yang cuma kamu dan server yang tau, kalau ada apa-apa juga bisa langsung hubungin layanan investornya yang dibuka sepanjang jam 8 pagi sampai jam 10 malam. Asik banget yah?

Lalu kenapa sih harus pilih klikMAMI.com ini? Ya karena memang lebih mudah dan.. hey! Kita semua butuh berinvestasi. Bukan sekadar “investasi” di tas mahal dan skincare yang branded punya, tapi investasi beneran yang berjangka panjang dan bisa dicairkan kapan saja.
Belum lagi dengan adanya inflasi…
Sayangnya, sekarang ini banyak orang yang ngga tau mau ke mana untuk berinvestasi, ngga mau repot, merasa ngga punya waktu dan sebagainya.
Padahal ya, inlfasi ini bisa dikalahkan dengan pemilihan instrumen investasi yang tepat, karena bisa mendorong jumlah kelayakan kita di masa depan, Seru kok sebetulnya kalau dipelajari.
Dengan adanya klikMAMI ini kan semuanya jadi mudah, semua udah serba online dan kita ga akan direpotkan dengan sistem tanda tangan basah atau kirim dokumen yang menghabiskan waktu.
Semua sudah diatur sedemikian rupa agar bisa berjalan nyaman dan meminimalisir kerepotan.

Seneng banget akhirnya bisa paham soal reksadana syariah ini di acara Sharia Talk bareng Manulife Asset Management ini karena saya jadi tau beberapa poin penting reksadana syariah yaitu :

  • Instrumen yang di investasikan halal.
  • Dikelola dengan cara yang halal serta diawasi oleh DPS / ASPM (Dewan Pengawas Syariah/ Ashil Syariah Pasar Modal)
  • Ada proses cleansing.
Reksa Dana Syariah hanya memiliki instrument yang patuh terhadap  prinsip syariah. Jadi sebagai orang islam kita tidak memakan keuntungan dari bisnis yang tidak halal, mudarat dan tidak juga memakan riba. Saham yang lulus seleksi syariah juga memiliki ketentuan maksimal tingkat hutang (45%). Ini menurunkan resiko default pada perusahaan tersebut dan juga meningkatkan kehati-hatian perusahaan dalam mengelola bisnis karena mayoritas modal yang di pakai adalah modal perusahaan (bukan pinjaman).Saham-saham yang lulus seleksi syariah juga diawasi oleh dua lembaga tambahan (selain Otoritas Jasa Keuangan / OJK) yang menyebabkan pengawasan yang dilakukan akan lebih teliti dan terseleksi.

Nah, jadi tunggu apa lagi, buibuk? Yuk, Sekarang aja mulai berinvestasi dengan pilihan yang aman dan tepat, bisa check lebih lengkapnya ke www.klikMAMI.com ya! :D

Not allowed to copy & paste photo without permission. Copyright of chachathaib . com

You Might Also Like

0 comments

FOLLOW ME