MP-ASI Binar (Part 2)

Saturday, April 25, 2015

Hai!

Seperti biasa, anaknya tidur -- ibunya nge-blog dong.
Udah makan siang, udah ganti baju karena ga mau pakai bib/slaber -- jadi ganti baju tiap habis makan, udah minum ASI, main sebentar lalu tidur siang deh!

Nah, beberapa waktu lalu udah sempet posting tentang persiapan MP-ASInya Binar di sini, kalo sekarang sedikiiit aja mau share Binar udah makan apa aja sih sejak mulai makan pertama kali?







Jadi, waktu awal-awal Binar itu saya kasih makan tepung beras putih, terus snacknya Heinz Biscotti rasa coklat, pisang, apel dan yang original. Lho, Biscotti kan buat 7+? Ini yang bikin rame di Instagram waktu itu sampe diceramahin bawa-bawa WHO :))
Tapi yah.. sebenernya saya cuma ngandelin naluri Ibu aja sih, saya ngerasanya anak saya gapapa saya kasih itu karena sebelumnya dia udah pernah saya kasih Yummy Bites rice crackers rasa pisang and she's fine. Yaudah, pas dikasih juga ternyata anaknya jago ngunyahnya saya pikir ga ada masalah, dan bener aja sampe sekarang ga ada apa-apa. Tapiiii ternyata dia palign suka rasa apel dibanding rasa coklat :D

Lalu, mungkin dia bosen kali yah makan tepung beras putih, akhirnya ganti menu jadi beras merah pandan wangi. Saya pake tepung Gasol yang gampang carinya di baby shop atau supermarket. semua dimasak selalu dicampur ASI biar nilai gizinya lebih baik.

Untuk pureè sendiri saya bikin brokoli, wortel, pisang, apel, kabocha, zucchini, kentang dan pepaya. Binar agak ga cocok sama alpukat ternyata, jadi cuma sempet makan tiga hari, setelah itu ganti dengan list buah dan sayur yang di atas. Biasanya, jadwalnya gini :

Bangun tidur : ASI
 jam 7 : Tepung beras
jam 10 : Biscotti
jam 12/jam 1 : pureè buah atau sayur
jam 5/jam 6 : tepung beras

Kadang dia kan udah mulai penasaran sama yang orang lain makan, jadi kalo giliran ibunya makan malem dia suka saya kasih biscotti lagi, cuma dikit aja ga satu keping, biar dia ga penasaran aja :))

Nah, waktu bikin pureè ini saya pakai gear Baby Bullet, karena menurut info ibu-ibu kepakenya cuma bentar, saya urungkan niat beli Phillips Hand Blender, sedangkan Baby Bullet dengan harga ga sampe 500rb bisa dapet banyak paketan lainnya, bahkan ada buku resepnya. Untuk yang ini saya beli di babyzania.com 



biasanya saya kukus atau rebus dulu sayur dan buahnya kecuali pisang karena malah kadang saya kerok langsung pake sendok kalo Binar lagi ga mungkin ditinggal ke dapur, jadi nyiapin yang gampang aja.

Sekarang kan anaknya udah 7 bulan, udah lebih variatif menu makanannya dan mulai bisa makan bubur saring.
Sejauh ini menu makannya baru ayam sama ikan salmon, belum coba daging.

Bubur saringnya Binar isinya :

beras putih - ikan salmon - buncis - wortel - bawang putih iris tipis keci
beras putih - wortel - bayam - fillet dada ayam - bawang putih - kaldu ayam

saya pribadi belum berani cobain kacang-kacangan karena waktu lahir binar sempet alergi kalo saya makan kacang-kacangan. Sedangkan untuk masaknya saya dan suami sepakat Binar belum kenal dulu sama garam karena takutnya nanti sama yang rada hambar dia jadi ga mau, biarin gurihnya dari kaldu aja dulu. Buat menunya sendiri memang belum variatif karena saya juga masih banyak cari-cari resep yang simpel heheheh. Yang mau bagi resep, boleh banget lho!

Waktu itu sempet bikin buburnya pake panci biasa, jadi harus diaduk terus ternyata pegel juga ya! HAHAHA. yaudah yang bisa sambilan aja deh, akhirnya saya pake Takahi Slow Cooker turunan dari kakak saya. Masaknya 4-6 jam, jadi bisa ditinggal ngerjain yang lain deh!




Sebenernya bisa aja sih, rebus nasi, ayam, sayur sayuran terus abis itu diblender pake baby bullet, tapi jadi dua kali kerja ga sih? Nah yaudah akhirnya pakailah si slow cooker ini, kalo masih kurang halus, saya saring lagi pake... hmm.. apa sih merknya, udah dibuang kardusnya kemarin itu beli di Carefour, bentuknya kaya yang produksinya Pigeon itu lah pokoknya, cuma ini warnanya biru.

Hmm, apalagi ya?
Oiya, saya lagi sering buka website ini : www.annabelkarmel.com buat cari-cari resep juga biar banyak pilihannya, soalnya anaknya udah mulai bisa ngunci mulut ga mau makan, mungkin ibunya harus lebih variatif lagi bikinin makannya :D
dan ternyata ngasih makan anak itu harus eksta ekstra ekstra sabar ya, buibukkk.
pengennya anaknya BLW, tapi ibunya ga tahan liat berantakan akhirnya konvensional sama BLW deh disatuin, jadi dia tetep pegang finger food, tapi itu juga kadang-kadang doang hahahha. Atau pengennya anaknya tertib duduk anteng di baby chair, eeeh ngerengek makannya sambil digendong, runtuh deh pertahanan Ibunya, huhft. Tapi yang penting sejauh ini lancar jaya sih MP-ASI nya Binar :)

Kalau ada yang mau sharing, jangan sungkan ya :)

Let's enjoy the rideeeeeee!

Love,
Ibu Chacha


Not allowed to copy & paste photo without permission. Copyright of chachathaib . com

You Might Also Like

2 comments

FOLLOW ME