Kenyamanan Terbaik Ibu Menyusui

Saturday, November 05, 2016




Postingan kali ini harusnya saya mulai dengan mengucap Alhamdulillah, karena apa?Karena saya sudah selesai menyusui Binar selama 2 tahun lewat 3 minggu!
Yay Alhamdulillah!
Awalnnya ngga nyangka bisa menyusui sampai dengan sesuai 'jatahnya' Binar, walaupun dari awal
kehamilan saya sudah berencana untuk menyusui langsung.
Saya waktu itu ngga kepikiran untuk pumping, atau ngajarin Binar untuk minum susu gak langsung
dari pabriknya', akhirnya memang Binar terbiasa menyusui langsung dan ngga pernah mau minum ASIP,
Jadi ya, walau sambil bekerja yang kadang harus keluar rumah, jatah saya kerja hanya 3-4 jam, lebih dari itu pasti payudara sudah bengkak dan saya udah meriang, setelah sekian banyak drama putting lecet yang sudah ngga keitung berapa kali, payudara bengkak karena kadang anaknya ngga mau nyusu, sampe drama kalau di tempat umum Binar sulit sekali disusui karena dia termasuk picky mau disusuin di mana selain di dalam ruangan,
Jadi seperti ibu-ibu kebanyakan, saya belilah nursing cover supaya bisa nyusuin di mana aja.
Kenyataannya? Nihil saudara saudaraaaa--
Binar hanya betah paling lama 5 menit kalau nyusu sambil ditutup nursing cover. Sisanya dia nangis ngamuk dan keringetan parah--  Anak saya ini di AC aja dia keringetan, gak heran ketutup
nursing cover itu dia paniknya setengah mati.
Akhirnya kadang saya harus pindah ke mobil di parkiran kalau lagi di restoran, kalau di mall ya
harus bergantian dengan ibu ibu menyusui lain di Nursing Room.
Tapi kaaaan, nursing room itu biasanya sedikit sekali di mall dan belum tentu setiap lantai ada!
Kalau di luar negeri, nyusuin tanpa nursing cover mungkin adalah hal yang biasa karena di luar
sana, mereka memang sebangga itu bisa menyusui anaknya, Tapi di Indonesia kan beda cerita,
makanya saya ngerasa perlu banget adanya booth khusus menyusui yang akan bikin ibu ibu menyusui ini jauh lebih nyaman dalam "memberikan kehidupan" untuk anaknya.
Saya rasa sih, ngga perlu lah bagus banget, cukup yang nyaman aja dan banyak! 
Di perkantoran saja, yang di mana karyawannya 4-6 orang mungkin ada yang menyusui dan butuh ruangan untuk pumping kadang mereka harus pumping di pantry atau ada juga cerita teman saya yang boss-nya baik hati meminjamkan ruangannya untuk teman saya pumping.
Kebayang gak sih kalau saja ada booth menyusui di mana-mana, pasti banyak sekali ibu ibu yang
meraso 'diperhatikan' dan terbantu.
Gerakan menciptakan booth menyusui yang nyaman untuk ibu ini diusung oleh Anmum,
penjelasan lengkapnya bisa kalian baca di anmum.co.id/boothmenyusui  kalian juga bisa memberikan dukungan agar gerakan ini bisa terwujud Iho!

Mari kita sesama perempuan saling dukung demi lingkungan yang nyaman untuk tempat generasi
kita tumbuh dan berkembang :)

Love,
Chacha Thaib



Not allowed to copy & paste photo without permission. Copyright of chachathaib . com

You Might Also Like

0 comments

FOLLOW ME